-->

Faktor terbentuknya danau itu beragam simak yuk!!!

Faktor terbentuknya danau itu beragam simak yuk!!!
hai sahabat pecinta alam.. khusustentangalam.blogspot.com akan berbagi informasi mengenai mengapa dan apa faktor-faktor terbentuknya sebuah danau.
untuk memperpendek dan memperjelas artikel ini langsung to the point.. faktor penyebab timbulnya danau, faktor terciptanya danau, faktor terbentuknya sebuah danau, faktor lahirnya sebuah danau, faktor tentang danau..

 FAKTOR TERBENTUKNYA DANAU.
1. LETUSAN GUNUNG API.
Faktor yang pertama adalah karena letusan gunung api. nah ini yang paling banyak ditemui dari danau-danau seluruh dunia, salah satu faktor terbentuknya sebuah danau karena letusan gunung fulkanik. letusan gunung yang sangat dahsyat luar biasa dan mengeluarkan larva api yang cair, namun tidak semua letusan gunung merapi menjadi danau. karena letusan yang paling dahsyatlah yang bisa menciptakan sebuah danau, letusan dahsyat itu membuat gunung berapi terpuruk kedalam yang letusan itu menghasilkan lubang besar yang sangat dalam sampai puluhan meter dalam nya. sehingga menyentuh sumber air yang sumber air itu dalam jumlah banyak sehingga lubang yang sangat besar akibat adanya letusan ini terisi air yang lama kelamaan air ini menjadi jernih dan menjadi sebuah danau indah yang cantik. didaerah saya sumatera barat adalah danau singkarak yang proses terjadi atau lahirnya karena faktor ini. dulu danau singkarak adalah sebuah gunung berapi aktif yang sangat luas dan tinggi kemudian meletus dan membuat lubang sehingga terisi air dan jadilah danau singkarak sebagai danau terluas disumatra barat. danaunya sekarang menjadi objek wisata sumbar yang setiap hari banyak dikunjungi masyarakat.

2. FAKTOR PENAMBANGAN
ini merupakan faktor kedua penyebab timbulnya sebuah danau. aktifitas tambang yang terjadi dalam jumlah luas yang sangat luas, menghasilkan lubang yang tidak begitu dalam namun lubang itu terisi air dengan sendirinya. faktor terciptanya danau dari faktor tambang ini sangat jarang terjadi dan terkadang bukan merupakan keinginan atau kesengajaan.

namun didaerah saya hal ini terjadi. walaupun danaunya dalam skala kecil atau tidak terlalu luas semisanya 1 km. didaerah saya ada sebuah danau yang akhir-akhir ini cukup banyak diperbincangkan oleh masyarakat khususnya daerah disana. bekas tambang yang sudah lama ditinggali tiba-tiba menghasilkan genangan air dan menjadi danau, airnya sangat jernih bewarna hijau. letaknya di bukit bual kabupaten sijunjung. danau ini sekarang terkenal dan dibicarakan banyak masyarakat. oleh karena itu tambang juga bisa menjadi faktor penyebab timbulnya sebuah danau yang cantik dan sangat indah dan menjadi objek wisata.

sumber: minangexplorer hashtag, instagram 
www.growstaweb.com

itulah 2 Faktor penyebab lahirnya sebuah danau. sebenarnya kedua hal ini merupakan gejala alam. gejala alam seperti ini sudah lazim terjadi.

semoga faktor terbentuknya sebuah danau ini dapat bermanfaat untuk anda dan semoga menambah wawasan anda. khusus tentang alam blog. adalah blog yang membahas seputar alam silahkan bookmark keperangkat anda.

0 Response to "Faktor terbentuknya danau itu beragam simak yuk!!!"

Post a Comment

Silahkan beri komentar anda seputar ulasan kami diatas, harap jangan tautkan link apapun dikomentar, jangan spam...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel